Daily Archives: March 21, 2017


Assafa Sufiani | DIVISI MANAJEMEN DAN OPERASIONAL INTERNAL

  Assafa mulai bekerja di IUTRI sejak Desember 2015. Saat ini dia membantu mengerjakan berbagai proyek yang berhubungan dengan perencanaan sistem transportasi di Indonesia.  Dia mempunyai pengalaman selama 5 tahun dalam hal perencanaan transportasi berkelanjutan dan manajemen angkutan umum.Sebelum bergabung dengan IUTRI, Assafa bekerja di GIZ-SUTIP sebagai asisten transportasi yang […]

Assafa Sufiani IUTRI

PELUANG PENDANAAN MELALUI KONSEP “SHADOW TOLL” UNTUK PEMBANGUNAN JALAN ARTERI SEBAGAI ALTERNATIF PEMBANGUNAN 6 RUAS TOL DKI JAKARTA

Penulis : Alvinsyah (Peneliti IUTRI)

Sejak diprakarsai dan dibahas dalam rapim DKI sekitar sepuluh tahun yang lalu rencana pembangunan 6 ruas Tol DKI tetap merupakan isu kontroversi yang menimbulkan situasi Pro dan Kontra sampai saat ini. Setiap pergantian Pimpinan di Pemprov DKI Jakarta kebijakan terhadap isu ini terkesan maju mundur dan selalu berakhir dengan ketidak pastian.

Artikel IUTRI

ANALISIS POTENSI PERMINTAAN JARINGAN ANGKUTAN MASSAL DI WILAYAH PERKOTAAN AGLOMERASI

Penulis :

Edy HADIANa , Delvi FITRYANAb, ALVINSYAHc, Anggit C. UTOMOd
a, b, c, d Indonesian Urban Transport Institute
a E-mail: hadian@iutri.org
b E-mail: delvifitryana@hotmail.com
c E-mail: alvinsyah@iutri.org
d E-mail: anggitcahyo@iutri.org

Deskripsi :

Layanan angkutan umum adalah sebuah fungsi kota yang sangat mendasar bagi kehidupan masyarakatnya. Oleh karenanya angkutan umum merupakan salah satu fasilitas dan layanan yang wajib disediakan oleh pemerintah.

Namun dilain sisi, opsi sistem angkutan massal cukup beragam dan umumnya memerlukan pendanaan yang sangat besar yang tidak setiap kota mampu untuk menyediakan dananya. Oleh karenanya, pilihan teknologi yang tepat dan terjangkau namun mampu untuk meningkatkan layanan dan kinerja merupakan suatu keniscayaan.